#ChitChatNN: Strategi Marketing ampuh!

by - 8:58 PM


Link sumber gambar: https://www.yukepo.com/life/bisnis-oleh-oleh-kue-para-artis-ini-bikin-usaha-oleh-oleh-khas-daerah-terancam



Belakangan ini, banyak banget deretan artis-artis yang membuat usaha kue khas daerah. Begitu katanya.

Jadi, mereka menggabungkan sebuah nama kota dan nama produk yang akan mereka jual. Misal; Medan Napoleon, Makassar Baklave, Surabaya Snow Cake, Mamake Jogja, dan lain-lain.

Beberapa nama oleh-oleh diatas merupakan produk para artis Indonesia.

Cuma dalam hitungan waktu sekejap dari grand opening, kini toko-toko kue yang mereka bangun sudah mendapatkan pelanggan yang luar biasa banyaknya.

Ada pula yang sengaja datang ke Jogja untuk mencicipi kue oleh-oleh milik Zaskian A.M ini.

Wow, such a good marketing.

Diantara banyaknya komen eluhan tentang para artis yang mulai membuka toko kue dengan nama khas daerah ini, ada point yang harus digaris bawahi dan menarik untuk dibahas.

Strategi Marketing.

Menurut gue, kesuksesan-kesuksesan itu gak luput dari strategi marketing mereka yang jitu.

Pertama, of course dengan nama besar yang mereka punya, siapa sih yang gak tertarik buat mencoba.

Kedua, dengan followers mereka yang banyak di-instagram, sudah pasti menjadi cara ampuh untuk mendapatkan pelanggan.

2 point aja cukup untuk membuat toko kue mereka laku keras.

Penyebaran lewat dunia maya ini adalah strategi paling bagus untuk jaman millenial kayak gini. Jadi, orang gak perlu lagi repot-repot nyetak brosur dan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Udah ada sosial media. Tinggal cekrek-cekrek dan pemilihan angle yang bagus, selesai.

Tapi, dibalik kesuksesan produk-produk di atas, ada beberapa hal yang gue sesali. Kenapa disaat mereka memutuskan untuk membuat produk kue harus menyematkan nama suatu daerah/kota? Alih-alih menjadi makanan khas oleh-oleh.

Kenapa mereka gak semacam kayak mempopulerkan lagi makanan-makanan khas daerah yang memang udah ada? Kenapa mereka harus membuat sebuah produk baru yang...its totally bukan khas dari daerah tersebut?

Sayang sih, seharusnya dengan strategi marketing jitu yang mereka punya, mereka bisa loh buat mengangkat beberapa makanan khas daerah yang emang bener-bener orang belum banyak tau.

Dibanding membuat produk baru, kenapa kita gak coba melestarikan produk yang memang sudah sejak dulu ada. Gitu sih istilahnya.

But ya, semua kembali pada pribadi masing-masing. Lagian, kita gak bisa kan memaksa orang lain untuk mempunyai satu pemikiran yang sama dengan kita?

So, dengan seiringnya bermunculan produk-produk baru, mudah-mudahan makanan khas daerah yang ada di Indonesia tidak tergerus jaman yang semakin maju.


Btw, jangan lupa check pendapat Nanoki soal hal ini: DISINI.

You May Also Like

2 comments

  1. Yup. bener banget. terkenal sendiri merupakan modal terbesar dalam pemasaran kue artis tersebut. orang biasanya nggak terlalu peduli ama jualannya, yg penting milik artis. makanya dalam promonya, si artis bukannya ngasi diskon, tapi ngais kesempatan poto bersama.

    masalah mempertahankan jajanan tradisional, entahlah. karena bagi pebisnis, yang penting keuntungan yang besar bisa didapat. :(

    ReplyDelete